Suara Aman Dikisaran 13 Ribu

Posted On 03.13 by AkoeTarno |

KPU Jombang Pasang Kuda-Kuda

JOMBANG – Indikasi kecurangan dengan adanya ‘permainan’ dalam perolehan suara Pemilu Legislatif (Pileg) di Kabupaten Jombang kian rawan. Hal itu memaksa Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jombang mulai pasang kuda-kuda.
KPU sebagai penyelenggara Pemilu langsung angkat bicara. Institusi pemilik regulasi pesta demokrasi di Indonesia itu mengaku tak akan main-main dengan proses penghitungan dan rekapitulasi perolehan suara.

Bahkan, Ketua KPU Jombang, Erfan Efendi menolak untuk melakukan deal maupun kongkalikong dengan pihak tertentu. Kendati mengaku paham betul tentang mekanisme dan tata cara memainkan suara, namun Erfan enggan untuk melakukannya.

“Tidak hanya saya, tapi saya yakin anggota KPU lainnya tidak akan melakukan hal itu,” tegas Erfan disela penghitungan suara di Media Center KPU Jombang, Kamis (16/4).

Disinggung tentang perolehan suara aman ? Erfan mengatakan, semua tergantung dari hasil Bilangan Pembagian Pemilih (BPP). Menurutnya, angka tersebut berasal dari suara sah per dapil dibagi quota kursi yang akan menghasilkan BPP.

“Dari BPP kemudian dicross dengan suara parpol lalu didapatkan kursi per partai. Begitu kursi didapat, maka akan ketemu siapa yang memperoleh suara terbanyak,” ulas Erfan rinci. “Tapi paling tidak, untuk mencapai aman, seorang caleg harus mendapat 13 – 15 ribu suara,” sambungnya.

Di tempat yang sama, Medan Amrullah, Ketua Pokja Penghitungan Suara (situng) KPU setempat mengaku, pihaknya berkomitmen tidak akan menggunakan cara ‘haram’ untuk meloloskan caleg memperoleh kursi. Ia juga menandaskan, KPU akan memberikan sanksi sesuai aturan dan perundang-undangan yang berlaku.

“Tangkap saja, kalau memang ada PPS maupun PPK yang berbuat curang dengan menggelembungkan dan menyusutkan suara perolehan suara caleg. Kita tidak pandang bulu dan itu unsur pidana,” ujar Medan didampingi Machwal Huda, Ketua Pokja Sosialisasi dan Kampanye.

Hal senada juga diutarakan Sayekti Suindyah dari Divisi Logistik KPU Jombang. Perempuan berjilbab ini mengaku, dirinya kerap mendapat tawaran untuk merekap suara aman. “Saya bilang, kalau M buat apa ? Kalau T kan semua dapat bagian. Tapi terus terang saya nggak bisa dan itu pidana,” aku Sayekti yang diangguki anggota KPU lainnya.

Sementara dari hasil perolehan suara sementara di Media Center KPU Jombang, sampai pukul 14.00 WIB, tercatat 18 kecamatan sudah mengantarkan data rekap suara ke KPU. Diperkirakan, semua dapat diketahui hasil sementara perolehan suara Pemilu Legislatif 2009 di Kabupaten Jombang pada hari ini.

“Semua kecamatan sudah selesai, tinggal mengantarkan data rekapnya ke KPU,” timpal Medan. tar
edit post
0 Response to 'Suara Aman Dikisaran 13 Ribu'